Tips: Menjaga Kencantikan Kulit dari "Dalam"

Ngomongin tentang kecantikan kulit, pasti yg pertama muncul dibenak kita adalah serangkaian produk skincare, entah itu krim pagi/malam, sunscreen, masker, krim mata atau bahkan beberapa perlengkapan makeup lainnya. Kalau memang itu yg muncul dibenak kalian, belles, sah-sah aja ko dan itu adalah hal yg normal. Tapi tahukah kamu selain serangkaian produk skincare, kecantikan kulit kita juga ditentukan sama yg namanya makanan. Yups, makanan yg kita konsumsi setiap harinya, belles.

Kali ini aku mau berbagi cerita tentang makanan apa saja yg bisa menjaga kecantikan kulit dari "dalam" dan vitamin apa saja yg dibutuhkan kulit. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari beberapa ahli gizi yg menyatakan bahwa apa yg kita makan akan memberikan efek pada kulit dan cara kita menua. Gak mau kan belles punya kulit yg kendur & muncul gari-garis halus sebelum waktunya ?!?

  • Kiwi

Buah yg satu ini mengandung vitamin C yg tinggi. Selain itu kiwi juga kaya akan mineral yg bisa memberikan kita perlindungan terhadap bahaya yg disebabkan oleh radikal bebas yg bisa menimbulkan kerusakan pada kulit kita. Kiwi juga bisa membantu mempertahankan kekencangan kulit dan bisa mencegah kulit kendur.

Jumlah yg dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu sebanyak minimal 2 buah kiwi organik per harinya.

  • Berry

Sama halnya dengan kiwi, buah-buhan berry terutama raspberry, cranberry dan strawberry memiliki kandungan vitamin C, yg menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas. Kelebihan lain yg dimiliki buah-buahan berry adalah kandungan ellagic acid yg bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari.

Jumlah yg dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu sebanyak 1/2 cup atau lebih berbagai jenis berry per harinya.

  • Teh Putih

Dibandingkan dengan jenis teh lainnya, white tea [teh putih] memiliki tingkat antioksidan tertinggi. Karena teh ini adalah jenis teh yg paling sedikit proses. Selain itu, white tea juga mampu melawan berbagai jenis kanker. Dan gak cuma itu, belles, white tea juga menjaga gigi kuat dan sehat *membunuh bakteri penyebab plak, gigi berlubang & nafas tak sedap*.

Jumlah yg dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu minimum 2 cangkir teh per harinya.

  • Flaxseed Oil

Flaxseed oil mengandung omega 3 & 6 yg bisa mengurangi kulit kasar dan bersisik. Flaxseed oil juga bisa menjaga kulit agar tetap lembap, kenyal dan sehat, baik tekstur kulit maupun warna kulit. Pilih flaxseed oil yg mengandung 8 gram omega 3 per sendok makannya.

Jumlah yg dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu 1 - 2 sendok makan minyak flaxseed oil per hari dan tambahkan sedikit pada sayuran rebus, sup atau salad.

  • Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, C, E dan K yg membuat kulit awet muda, melindungi kulit dari efek radikal bebas dan juga melembapkan kulit sehingga kerut tak mudah datang.

Jumlah yg dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu 1 cup bayam minimnal 3 kali dalam satu minggu.

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat membantu kulit mempertahankan tampilan mudanya dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Jumlah yg harus dikonsumsi, yaitu minimun 1 ons cokelat hitam per harinya.

  • Tomat
Tomat kaya akan vitamin A dan C, seperti buah dan sayuran lainnya, tomat mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yg diakibatkan oleh asap rokok, polusi udara dan sinar UV. Selain itu, tomat juga bisa menjadi obat penghilang jerawat.

Jumlah yg harus dikonsumsi, yaitu minimal 1 - 2 buah tomat setiap pagi hari.

  • Wortel

Seperti yg kita ketahui vitamin A yg terkandung di dalam wortel bisa membantu menjaga penglihatan kita & membuat mata kita tetap cantik tanpa kacamata.

Jumlah yg harus dikonsumsi, yaitu minimum 1 - 2 cup wortel per minggunya.

  • Alpukat

Vitamin E yg terkandung di dalam alpukat bisa membantu mengurangi efek kerusakan sinar matahari pada kulit, meningkatkan kelembapan, memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah kerusakan lipid *yg berkhasiat menjaga kekenyalan & kekencangan kulit*.

Jumlah yg harus dikonsumsi, yaitu minimal 1/2 buah alpukat per harinya atau kamu juga bisa menambahkan beberapa irisan alpukat pada salad atau sandwich yg kamu campur dengan mayonnaise atau sourcream untuk cocolnnya.

Gimana belles, makanan yg berperan penting dalam menjaga kecantikan kulit kita adalah makanan yg sehari-hari kita temui kan ?!? Jadi tunggu apalagi, produk skincare semahal apapun tak bisa mengalahkan khasiat dari makanan-makanan diatas. Jadi jangan biarkan kulitmu berkerut dan menua sebelum waktunya ya.

~~~~~~~~~~

Share this:

, ,

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment